Berburu Moge Bekas, Perhatikan Riwayat Motor

Bekasi – Moge bekas bisa jadi opsi menarik bagi bikers yang ingin motor bermesin besar tanpa harus merogoh kocek lebih dalam. Jika Otolovers berniat membeli moge bekas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Apa saja?

“Paling penting harus cek sejarah motor. Tanya lebih detail ke penjual, bagaimana riwayat moge yang akan dibeli,” kata Indrajaya, pemilik showroom moge bekas, Classic Bikers Shop, kepada detikOto.

Mempelajari riwayat moge bekas yang sedang diincar sangat penting untuk memastikan motor yang akan dibeli aman. Artinya bukan motor curian dan bukan motor bekas kecelakaan.

Jika sudah diketahui jelas riwayatnya, selanjutnya cari tahu kondisi motor melalui pengecekan fisik.

“Harus dilihat spidometernya, supaya tahu sudah sejauh mana motor ini berjalan. Lalu cek area bawah mesin, ada rembes (oli mesin) atau nggak. Dan jangan lupa cek juga area kaki-kaki,” lanjut Indra.

Jika tidak yakin mengecek sendiri, ajaklah orang yang benar-benar mengerti motor. Jika motor sudah dicek, lakukanlah test ride untuk mencari tahu lebih detail rasa berkendaranya.

Setelah kondisi mesin diperiksa, selanjutnya yang perlu dicek adalah dokumen legalitasnya. “Cek surat-suratnya. Pastikan lengkap supaya motor aman dikendarai di jalan raya,” terang Indra.

Khusus bagi pemula, jangan lupa belajar safety riding dulu sebelum membeli moge. “Jangan sembarangan mengendarai moge. Karena motor ini bobotnya nggak ringan. Jadi perlu belajar bagaimana cara mengendarai motor besar yang aman,” pungkas Indra. (rgr/ddn)