Kilas Balik Teknologi RC Valve Honda NSR

Jakarta – Sempat menjadi primadona, sudah pasti Honda NSR menawarkan sesuatu yang lebih oke dibandingkan kompetitor. Salah satu andalan motor sport 2 tak ini, waktu itu motor ini hadir dengan menawarkan teknologi terbaik yang dikenal sebagai Revolutionary Controlled Valve atau RC Valve.

Bersama teknologi ini, Honda mampu menyedot perhatian pecinta motor sport karena selain desainnya yang eksotis, tenaga serta konsumsi bahan bakar diklaim lebih unggul dari menjadi andalan motor ini.

Honda NSRHonda NSR Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Tapi keunggulan apa yang ditawarkan dan bagaimana cara kerja RC Valve itu ya? Demi menjawab rasa penasaran sekaligus melihat kembali keunggulan teknologi ini, detikOto langsung menyambangi markas spesialis NSR all series yang bermarkas di Jl. KH. M. Yusuf No. 24, Depok 2 Tengah, Jawa Barat.

Pemilik bengkel khusus NSR Tommy Patria sekaligus seorang penghobi otomotif 2 tak, khususnya Honda NSR. Ia menjelaskan RC Valve yang jadi teknologi paling mutakhir di masanya.

“Kalau di 2 tak pasti banyak jalannya buat meningkatkan performa mesin kan, nah komponen vital di Honda NSR ini namanya RC Valve,” kata Tommy kepada detikOto.

Honda NSRHonda NSR Foto: Ridwan Arifin/detikOto

Ia menjelaskan fungsi RC Valve sendiri untuk mengatur lubang buang dari segala rpm (rendah atau tinggi) untuk mendapatkan power yang maksimal di tiap putaran mesin. Berbeda dengan kompetitor lainnya yang masih mekanis, canggihnya RC Valve sudah menganut sistem elektronis.

“RC Valve itu adanya di blok kan, jadi pada saat RPM-nya rendah katup bakal nutup, jadi akselerasi tetap ada dan kita nggak nunggu lama, responsif, lebih nyaman berkendara,” ungkap Tommy.

Lebih lanjut, Tommy menjelaskan bahwa cara kerja RC Valve berkaitan dengan putaran mesin yang dideteksi oleh CDI. Lalu ke motor servo untuk menyesuaikan ukuran katup lubang buang.

Selain itu, RC Valve sangat berkaitan dengan komponen kelistrikan seperti aki dan kiprok. Oleh karena itu sangat penting mengecek kondisi voltage aki dengan menggunakan voltmeter.

Tommy juga menjelaskan RC Valve berkaitan dengan konsumsi bahan bakar di Honda NSR. “Keunggulan Honda memang terkenal iritnya ya, gue akuin itu, RC Valve bisa diatur sesuai kondisi rpm, akselerasi dapat, nggak bikin boros bensin,” ungkapnya. (lth/lth)