Mitsubishi: Xpander yang Terbakar di Riau Sudah Dimodifikasi

Jakarta – Pihak Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah menelusuri penyebab utama terbakarnya Mitsubishi Xpander di Riau, Sumatera. Berdasarkan investigasi yang dilakukan, ditemukan sekumpulan kabel yang tidak standar menempel dekat aki mobil. Sehingga diputuskan bahwa Xpander sudah lakukan modifikasi.

“Investigasi sudah dijalankan dan ternyata mobil sudah di modifikasi. Tim menemukan kabel yang tidak standar dan menempel di bagian aki mobil,” jelas Deputy Group Head Planning & Communication MMKSI, Intan Vidiasari di Jakarta, Rabu (3/10/2018).


Ia juga mengatakan bahwa pemilik sudah mengakui bahwa sebelum kejadian naas tersebut mobil sudah dilakukan modifikasi cukup berat. “Iya, konsumen juga sudah mengakui bahwa dia telah memodifikasi kendaraannya, memasang aksesori tambahan yang mungkin berbahaya. Namun dia tidak terlalu mengerti akan dampak dari aksesori tersebut,” kata Intan.

Temuan tersebut sekaligus membulatkan kesimpulan bahwa penyebab terbakarnya Xpander secara tiba-tiba tersebut adalah berkat hasil modifikasi yang menyentuh bagian kelistrikan mobil.

“Berdasarkan sekumpulan kabel yang tidak standar di aki tersebut mobil mengalami masalah kelistrikan,” ucap Intan.

Meski seperti itu, pihak Mitsubishi masih meminjamkan unit untuk digunakan korban sehingga kegiatan sehari-harinya tak terganggu. Pemilik Xpander itu juga sedang melakukan pengurusan ke asuransi terkait.

“Unit pinjaman tetap kita beri supaya pemilik tidak terlalu terganggu aktifitasnya karena masalah tersebut. Dari sini kita himbau semua diler agar menginformasikan pembeli agar tidak memodifikasi terlalu ekstrem. Kalau modifikasi sudah menyentuh kelistrikan, ada baiknya langsung lapor diler karena itu sangat bahaya,” saran Intan. (ruk/lth)