Kemenperin: Esemka Mulai Ngegas Bulan Ini

Jakarta – Mobil nasional Esemka yang pernah dirintis oleh Presiden RI Joko Widodo sudah mendapatkan Sertifikat Uji Tipe (SUT) dan siap diproduksi.

Cawapres Ma’ruf Amin saat berkunjung ke Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris), Jember, malah membocorkan mobil Esemka SUV akan dirilis pada bulan Oktober.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika memaparkan memang Esemka sudah terdaftar dan disebut akan melakukan produksi. Namun terkait waktu tepatnya, ia tak bisa mengatakan secara pasti.

“Rencana seperti itu (Oktober mulai produksi),” jawab Putu kepada detikOto, Jumat (5/10/2018).

Sebelumnya Putu juga mengungkapkan bahwa semua persyaratan untuk produksi Esemka telah diselesaikan. Terdaftar akan ada dua tipe yang bakal diproduksi.

“Kabar terakhir Esemka itu kan sudah mulai produksi. Jadi secara administrasi sudah, dan modelnya juga sudah di level produksi. Sertifikat Uji Tipe (SUT) pun sudah selesai,” ucap Putu

“Akan ada dua yang akan diproduksi,” lanjutnya.

Kabar Esemka akan menjadi mobil nasional Indonesia mencuat sejak 2012 ketika Presiden RI Joko Widodo (yang kala itu masih menjabat sebagai Walikota Solo) menjadikannya mobil dinas walikota dan wakil walikota Solo. Namun di tahun yang sama, Esemka dinyatakan tidak memenuhi standar Kementerian Lingkungan Hidup.

Pada Agustus 2012, Esemka akhirnya dinyatakan lulus uji emisi oleh Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi (BTMP) BPPT Serpong dan boleh diproduksi masal (setelah mendapat SUT dari Kemenhub). Masuk ke pertengahan 2013, mobil telah sempat terpesan sebanyak 7.000 unit.

Tepat menjelang akhir 2014, citra Esemka semakin tenggelam setelah sang inisiator Joko Widodo resmi terpilih menjadi Presiden RI periode 2014-2019. Sampai pada tahun 2018 kabar Esemka semakin simpang siur, mulai dari peluncurannya yang mundur, pabrik Esemka belum siap produksi kendaraan, sampai kini telah diambil alih ke industri. (ruk/ddn)