Akreditasi dari LAM-PTKES Juga Sah Digunakan untuk Daftar CPNS

JawaPos.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) melakukan sejumlah perubahan dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018. Salah satunya terkait akreditasi kampus sebagai salah satu syarat mendaftar CPNS.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengatakan, hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri PANRB 36/2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS dan Pelaksanaan CPNS 2018.

“Kini dalam Peraturan Menteri PANRB dengan nomor yang sama, akreditasi kampus yang diakui tidak hanya yang diterbitkan oleh BAN-PT, namun juga yang diterbitkan oleh Pusdiknakes/LAM-PTKES,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (8/10).

Perubahan tersebut tidak berpengaruh terhadap persyaratan lainnya serta formasi yang ada. Menurutnya, aturan tersebut juga mengakomodasi tenaga pendidik.

“Perubahan Permenpan juga mengakomodasi sertifikasi tenaga pendidik yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti,” kata dia.

Sementara itu, per 8 Oktober 2018 pukul 16.00 WIB, ada 2,3 juta akun yang teregistrasi dan sudah memilih instansi. Sebanyak 514 ribu di antaranya telah diverifikasi oleh instansi.

Seperti yang diketahui, batas waktu pendaftaran CPNS 2018 diperpanjang selama lima hari dari tenggat waktu sebelumnya, yakni hingga 15 Oktober 2018. Para pencari kerja bisa lebih leluasa untuk memilih formasi yang terintegrasi di web sscn.bkn.go.id.

Dia mengakui ada kendala pendaftaran online di daerah, misalnya Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTT) dan Sulawesi Tengah yang belum lama ini terkena musibah bencana gempa bumi dan tsunami.

“Ada yang karena daerah terdampak bencana seperti Lombok, ada yang jaringan internet di daerahnya terbatas, ada yang karena revisi formasi, ada yang prodinya tidak tepat, ada yang NIK-nya bermasalah, dan lain-lain. Banyaklah,” terang Ridwan.

Terhitung sejak 26 September 2018 pemerintah membuka lowongan formasi CPNS secara serentak di seluruh Indonesia. Kuota total formasi yang tersedia yang bakal diperebutkan calon abdi negara itu berjumlah 238.015 yang terdiri dari 51.271 instansi pusat yang terdiri atas 76 kementerian/lembaga. Sisanya, 186.744 slot CPNS ada di 525 instansi daerah.

(yes/JPC)

Cara DAFTAR POKER Domino Qiu Qiu Capsa Susun Online Indonesia di Situs Agen Judi Terpercaya Assosiasi Resmi Dewapoker IDN Bank BCA, BNI, BRI dan Mandiri.