Kreatif! ‘Dinding’ Antibegal dari Driver Taksi Online

Jakarta – Aksi kriminalitas masih saja ditemui. Bahkan, tak jarak taksi online menjadi sasaran aksi kriminal, baik pengemudi taksi online yang menjadi korban maupun penumpangnya.

Untuk meminimalisir aksi kriminal, ada inovasi yang dicetuskan salah satu pengemudi taksi online. Dian Herlani, misalnya, dia memodifikasi interior mobilnya agar terhindar dari aksi kriminal.

Mobil Datsun GO yang dipakainya untuk narik taksi online di Jakarta ini ditambahkan semacam dinding kaca yang memisahkan ruang pengemudi dan ruang untuk penumpang. Jadi, posisi Dian sebagai pengemudi tak akan bisa dijangkau oleh penumpang di samping kirinya maupun di belakangnya.

Partisi ini menggunakan beberapa logam besi untuk penyangganya. Sementara untuk partisinya menggunakan semacam akrilik.

“Ya ini untuk jaga diri saja untuk keselamatan saya sendiri,” ucap Dian kepada detikOto, Jumat (12/10/2018).

Kreatif! 'Dinding' Antibegal dari Driver Taksi OnlineFoto: Sena Achari/detikOto

Sebab, kata Dian, sudah sering kali terjadi aksi kriminalitas yang mengorbankan driver taksi online. Bahkan, sampai ada pengemudi taksi online yang ditodong sampai ditusuk.

“Kan 3 bulan terakhir banyak berita-berita begal. Beberapa kejadian kan ada yang ditodong, yang dibegal. Itu ngeri juga. Saya lihat video korbannya ada yang ditusuk, ngeri juga. Jadi ini untuk menghindari itu aja sih,” kata Dian.

Partisi kaca ini mirip seperti yang ada di bus TransJakarta. Di beberapa bus TransJakarta, pengemudinya dipisahkan ruangannya dengan para penumpang. (rgr/lth)