Soal Ekspor, Xpander Juga Lebih Unggul dari Avanza

Jakarta – Mobil-mobil yang diproduksi di Indonesia tak hanya dijual di Tanah Air. Beberapa pabrikan juga melakukan ekspor mobil buatan pabrik Indonesia ke berbagai negara di dunia.

Dua mobil terlaris di Indonesia, Mitsubishi Xpander dan Toyota Avanza juga diekspor ke luar negeri. Ribuan unit mobil-mobil itu dikirim ke luar negeri setiap bulannya.

Sama seperti di pasar domestik, Mitsubishi Xpander juga lebih unggul dari Avanza dalam angka ekspor. Mengutip data ekspor CBU yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mitsubishi melepas 3.942 unit ke luar negeri. Angka ekspor itu naik dari bulan sebelumnya yang tercatat 3.735 unit.

Pada Juli, angka ekspor Xpander memang lebih kecil dibanding Avanza. Namun sejak Agustus Xpander mulai menyalip. Bahkan September pun angka ekspor Xpander itu lebih banyak daripada Avanza.

Meski ekspor Avanza naik dibanding bulan sebelumnya, angkanya masih lebih kecil dibanding ekspor Xpander. Ekspor Avanza pada September 2018 tercatat sebanyak 3.701 unit, naik dari 2.717 unit pada Agustus.

Untuk diketahui, Toyota Avanza diekspor ke beberapa negara seperti Brunei, Thailand, Afrika Selatan, Malaysia, Nepal, Meksiko, Bermuda, Mesir, Afrika Barat, Lebanon, Bangladesh, Filipina, Tahiti, Sri Lanka, Pakistan, Kamboja, Madagaskar, Peru, Laos, Sudan, Mauritius, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Qatar, Kuwait, Oman, Irak, Kosta Rika, Guatemala, Honduras, G. Cayman, Timor Leste, Vanuatu, Vitenam, dan Myanmar.

Sementara Mitsubishi Xpander sudah diekspor ke Mesir, Vietnam, Thailand, Filipina, dan Bolivia. (rgr/lth)