PAF Target Salurkan Pembiayaan Rp 200 Miliar di 2019

Liputan6.com, Jakarta – PT Pool Advista Finance (PAF) menargetkan penyaluran pembiayaan baru sebesar Rp 200 miliar pada tahun 2019. Target ini bisa dicapai usai perusahaan melantai di bursa ((Initial Public Offering/IPO) pada bulan depan.

Direktur Keuangan PAF, Raden Ari Priyad mengatakan, dalam rangka menyalurkan pembiayaan baru, pihaknya membutuhkan permodalan sekitar Rp 200 miliar.

Itu antara lain akan dipenuhi dari hasil penawaran waran seri I yang rencananya akan diterbitkan sebanyak 800 juta unit dengan rasio 1:1.

“Mungkin waran 30 persen kita akan eksekusi tahun depan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Saat ini, perusahaan tengah menjajaki memperoleh fasilitas pinjaman dari perbankan. Selain itu, PAF berencana menerbitkan surat utang jangka menengah (SUJM) atau medium term note (MTN) dan obligasi.

“Dengan asumsi adanya dana bank dan waran, MTN yang akan kami terbitkan sekitar Rp 100 miliar,” jelas dia.

Rencana penerbitan MTN ini telah dimasukan dalam rencana bisnis tahunan (RBT) perseroan untuk tahun 2019. “RBT sudah masukan rencana penerbitan MTN supaya OJK bisa notice dan memberikan approval. Paling cepat penerbitannya kuartal II tahun depan,” papar dia.

Tahun depan, perseroan membidik perolehan laba sebesar Rp 32 miliar, meningkat 18,95 persen dibandingkan target laba sepanjang tahun ini sekitar Rp 27 miliar.

Adapun pendapatan operasional dari bunga bersih diprediksi melonjak 112,1 persen menjadi Rp 70 miliar di 2019 ketimbang Rp 33 miliar target hingga akhir tahun ini.

Sementara itu, perusahaan mengalokasikan belanja modal (capital expenditure/capex) sebanyak Rp 55 miliar tahun depan. Adapun capex tahun ini dianggarkan Rp 26 miliar. “Per juli 2018 capex yang sudah terpakai kurang lebih 20 persen,” tandasnya.